PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN METAKOGNITIF DI SMA NEGERI 5 BINJAI
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) Mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (3) Mengetahui terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan metakognitif dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, (4) Mengetahui terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan metakognitif dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa, (5) Mengetahui proses pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (6) Mengetahui proses penyelesaian masalah representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Binjai yang berjumlah 210 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa melalui teksik random sampling. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (2) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan metakognitif dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, (4) Terdapat interaksi antara pembelajaran pendekatan metakognitif dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis siswa, (5) Proses penyelesaian masalah pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensional, (6) Proses penyelesaian masalah representasi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran pendekatan metakognitif lebih baik daripada yang diajar dengan pembelajaran konvensiona