Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kualitas bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan desain pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan kecerdasan emosional siswa MAN 1 Medan, (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan desain pendidikan karakter, (3) Peningkatan kecerdasan emosional siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan desain pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. dengan menggunakan model pengembangan 4-D, Bahan ajar yang dikembangkan ( Buku Guru, Buku Siswa) Uji coba I dilakukan pada siswa kelas XI MIA 2 MAN 1 Medan dan uji coba II pada siswa kelas XI MIA 3 MAN 1 Medan, kemudian tahap penyebaran pada kelas XI MIA 2 SMA N 1 Panyabungan . Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan desain pendidikan karakter yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) aktivitas siswa dalam toleransi yang telah ditetapkan, b) ketuntasan tes kemampuan penalaran secara klasikal; (2) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan desain pendidikan karakter dilihat berdasarkan tahap penyebaran pada pre-tes dan post-tes sebesar 35,8% dengan N-gain=0.718 kategori tinggi; 3) Peningkatan kecerdasan emosional siswa dengan menggunakan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognitif dengan desain pendidikan karakter yang dikembangkan dilihat berdasarkan tahap penyebaran pada pre-tes dan post-tes meningkat sebesar 29,8% dengan N-gain sebesar 0,703 kategori sedang.