Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dengan menggunakan media eXeLearning dan model Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media eXeLearning, (2) perbedaan pengaruh motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel secara random sampling yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang dibelajarkan dengan model M3PK dengan menggunakan media eXe-Learning sebanyak 38 siswa. Kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan model PBL sebanyak 38 siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah instrument tes pilihan ganda dengan nilai R11(0,8058) dan non tes angket motivasi dengan nilai R11(0,787). Dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan uji homogenitas, hasil yang diperoleh adalah data terdistribusi normal dan homogen nilai Fhitung (0,951) < FTabel (3,18).Teknik analisis data menggunakan varian dua jalur (two way ANAVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh model mengajar menginduksi perubahan konsep menggunakan media eXe-Learning dan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa dengan nilai sig (p=0,03<0,05) dan nilai Fhitung sebesar 7.546 > 4.11 (F.Tabel); (2) terdapat perbedaan pengaruh tingkat motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar siswa dengan sig (p=0,00<0,05) dan Fhitung sebesar 19.308 > 4,11 (F.Tabel);(3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran M3PK dan PBL menggunakan media eXe-Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan sig(p=0,02<0,05) dan Fhitung sebesar 5.690 > 4.11 (F.Tabel). Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan model mengajar menginduksi perubahan konsep dengan menggunakan media eXe-Learning memiliki rata-rata N-gain yang paling tinggi sebesar 0,865.