UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FOREHAND DRIVE TENIS MEJA MELALUI METODE LATIHAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: Andriskha, Putra Sepda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/29500/11/1.%20NIM.%206123111070%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/3/2.%20NIM.%206123111070%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/2/3.%20NIM.%206123111070%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/4/4.%20NIM.%206123111070%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/1/5.%20NIM.%206123111070%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/1/6.%20NIM.%206123111070%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/4/7.%20NIM.%206123111070%20LIST%20OF%20TABLE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/12/8.%20NIM.%206123111070%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/13/9.%20NIM.%206123111070%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/10/10.%20NIM.%206123111070%20CHAPTER%20II.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/9/11.%20NIM.%206123111070%20CHAPTER%20III.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/6/12.%20NIM.%206123111070%20CHAPTER%20IV.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/7/13.%20NIM.%206123111070%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/8/14.%20NIM.%206123111070%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/5/15.%20NIM.%206123111070%20ENCLOSURE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29500/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1.Apakah ada peningkatan hasil belajar Forehand Drive dalam permainan tenis meja melalui gaya metode latihan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Medan tahun ajaran 2017/2018?, 2. Apakah ada pengaruh metode latihan terhadap kemampuan forehand drive pada siswa SMP Negeri 2 Medan?, 3. Metode latihan digunakan agar dapat memperbaiki kemampuan forehand drive tenis meja pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan metode latihan (pre-tes) lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode latihan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi forehand drive tenis meja sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan metode latihan (pre-tes) diperoleh 7 siswa (23,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 23 siswa (76,67%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan metode latihan. (2) dari tes hasil belajar pada siklus I diperoleh 17 siswa (56,67%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa (43,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran. (3) dari tes hasil belajar pada siklus II diperoleh 26 siswa (86,67%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (13,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan proses nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui metode latihan dapat memperbaiki hasil belajar forehand drive pada permainan tenis meja dengan menggunakan metode latihan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2017/2018