PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS CERITA ULANG BIOGRAFI BERBASIS PETA PIKIRAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar menulis teks cerita ulang biografi berbasis peta pikiran dan mengetahui efektivitas produk hasil pengembangan pada kelas XI SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Bahan ajar dalam penelitian ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. Produk bahan ajar yang dihasilkan berupa modul. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Produk yang dikembangkan telah layak digunakan berdasarkan hasil validasi. Hasil validasi ahli materi untuk penilaian kelayakan isi memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 85%. Penilaian kelayakan penyajian memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 98,87%. Penilaian kelayakan bahasa memiliki kriteria baik dengan persentase 87,5%. Hasil validasi ahli desain memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 88.3%. Penilaian tanggapan guru terhadap produk memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 92.5%. Penilaian tanggapan siswa terhadap produk pada uji coba perorangan memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 85.3%, uji coba kelompok kecil memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 88.7% dan uji coba lapangan terbatas memiliki kriteria sangat baik dengan persentase 93.5%. Efektivitas produk diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan persentase 85,62%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan pada pembelajaran menulis teks cerita ulang biografi. Implikasi dari penelitian ini adalah modul menulis teks cerita ulang biografi berbasis peta pikiran membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang ingin dicapai.