IbM PENDAMPINGAN PEMENUHAN PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) BAGI GURU SDN. 101801 DAN SDN. 108075 KECAMATAN DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANG

Main Authors: Halimatussakdiah, , Anwar, Khairul
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: PGSD FIP Unimed , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/29481/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29481/
ctrlnum 29481
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/29481/</relation><title>IbM PENDAMPINGAN PEMENUHAN PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) BAGI GURU SDN. 101801 DAN SDN. 108075 KECAMATAN DELI TUA&#xD; KABUPATEN DELI SERDANG</title><creator>Halimatussakdiah, </creator><creator>Anwar, Khairul</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><subject>LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance</subject><subject>LB2832 Teaching personnel</subject><description>Analisis awal pada 2015 (Januari s.d Maret) terhadap 36 orang guru SD di 101801 dan SDN. 108075 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang ditemukan Permasalaahan bahwa guru belum memenuhi butir-butir kinerja guru yang disyaratkan sesuai dengan Peraturan MENPAN dan RB No.16 Tahun 2009 yaitu: (1) Kompetensi pedagogik, guru kurang menguasai karakteristik peserta didik, tidak menguasai teori belajar dan prinsip&#x2010;prinsip pembelajaran yang mendidik, kurang mengembangkan kurikulum, kurang mengembangkan potensi peserta didik, dan kurangnya pengembangan instrumen penilaian. (2) Kompetensi kepribadian, guru kurang bertanggung jawab, kurang disiplin, suka marah, datang terlambat dan sering meninggalkan kelas untuk bergosip sesama guru di ruang guru. (3) Kompetensi sosial, guru kurang bersikap inklusif, belum bertindak objektif, diskriminatif dan kurang bersahabat. (4) Kompetensi professional, guru belum menguasaai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, kurang mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan reflektif. Pencapaian guru dalam empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik (14,72), kepribadian (6,02), sosial (4,41) dan profesional (4,42). Sebanyak 36 orang guru terdapat 22 orang (62%) pada kategori kurang, 8 orang (22,3%) pada kategori sedang, 6 orang (16,7%) pada kategori cukup, dan tidak ada yang memenuhi kategori&#xD; baik dan amat baik. Hal tersebut mengisyarakat bahwa guru-guru mengalami kesulitan dalam memenuhi empat kompetensi yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Selain itu dilihat dari persentase nilai rata-rata (52,55%) kemampuan guru dalam memenuhi PKG termasuk masih rendah.&#xD; Dengan permasalahan-permasalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu kegiatan Pendampingan Pemenuhan Penilaian Kinerja Guru (PKG) bagi guru di SDN. 101801 dan&#xD; SDN. 108075 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang oleh tim pengabdian dari Unimed yang dilakukan pada kegiatan kolektif profesi guru (KKG) dalam bentuk workshop, lesson study, focuss group discussion (FGD), perbaikan pembelajaran di kelas, dan penyusunan laporan perbaikan pembelajaran dalam bentuk artikel ilmiah serta&#xD; penyusunan portofolio PKG.&#xD; Target kegiatan ini meningkatkan kompetensi mitra dalam memenuhi Penilaian Kinerja Guru (PKG). Selanjutnya luaran atau produk kegiatan PKG ini adalah sebagai berikut : (1) adanya RPP guru untuk pembelajaran inovatif, (2) adanya portofolio PKG, (3) adanya artikel ilmiah guru.&#xD; Mekanisme kegiatan pendampingan PKG ini adalah perencanaan (planning), pelaksanaan (action), refleksi (reflection) dan tindak lanjut (follow up). Kegiatan ini dilaksanakan dari Maret s/d Desember 2016 di SDN. 101801 dan SDN. 108075 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang.</description><publisher>PGSD FIP Unimed</publisher><date>2016-11</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29481/1/Fulltext.pdf</identifier><identifier> Halimatussakdiah, and Anwar, Khairul (2016) IbM PENDAMPINGAN PEMENUHAN PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) BAGI GURU SDN. 101801 DAN SDN. 108075 KECAMATAN DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANG. Research Report. PGSD FIP Unimed, Medan. </identifier><recordID>29481</recordID></dc>
language ind
format Document:Monograph
Document
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Halimatussakdiah,
Anwar, Khairul
title IbM PENDAMPINGAN PEMENUHAN PENILAIAN KINERJA GURU (PKG) BAGI GURU SDN. 101801 DAN SDN. 108075 KECAMATAN DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANG
publisher PGSD FIP Unimed
publishDate 2016
topic LB1501 Primary Education
LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
LB2832 Teaching personnel
url http://digilib.unimed.ac.id/29481/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29481/
contents Analisis awal pada 2015 (Januari s.d Maret) terhadap 36 orang guru SD di 101801 dan SDN. 108075 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang ditemukan Permasalaahan bahwa guru belum memenuhi butir-butir kinerja guru yang disyaratkan sesuai dengan Peraturan MENPAN dan RB No.16 Tahun 2009 yaitu: (1) Kompetensi pedagogik, guru kurang menguasai karakteristik peserta didik, tidak menguasai teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik, kurang mengembangkan kurikulum, kurang mengembangkan potensi peserta didik, dan kurangnya pengembangan instrumen penilaian. (2) Kompetensi kepribadian, guru kurang bertanggung jawab, kurang disiplin, suka marah, datang terlambat dan sering meninggalkan kelas untuk bergosip sesama guru di ruang guru. (3) Kompetensi sosial, guru kurang bersikap inklusif, belum bertindak objektif, diskriminatif dan kurang bersahabat. (4) Kompetensi professional, guru belum menguasaai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, kurang mengembangkan keprofesionalan melalui tindakan reflektif. Pencapaian guru dalam empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik (14,72), kepribadian (6,02), sosial (4,41) dan profesional (4,42). Sebanyak 36 orang guru terdapat 22 orang (62%) pada kategori kurang, 8 orang (22,3%) pada kategori sedang, 6 orang (16,7%) pada kategori cukup, dan tidak ada yang memenuhi kategori baik dan amat baik. Hal tersebut mengisyarakat bahwa guru-guru mengalami kesulitan dalam memenuhi empat kompetensi yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Selain itu dilihat dari persentase nilai rata-rata (52,55%) kemampuan guru dalam memenuhi PKG termasuk masih rendah. Dengan permasalahan-permasalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu kegiatan Pendampingan Pemenuhan Penilaian Kinerja Guru (PKG) bagi guru di SDN. 101801 dan SDN. 108075 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang oleh tim pengabdian dari Unimed yang dilakukan pada kegiatan kolektif profesi guru (KKG) dalam bentuk workshop, lesson study, focuss group discussion (FGD), perbaikan pembelajaran di kelas, dan penyusunan laporan perbaikan pembelajaran dalam bentuk artikel ilmiah serta penyusunan portofolio PKG. Target kegiatan ini meningkatkan kompetensi mitra dalam memenuhi Penilaian Kinerja Guru (PKG). Selanjutnya luaran atau produk kegiatan PKG ini adalah sebagai berikut : (1) adanya RPP guru untuk pembelajaran inovatif, (2) adanya portofolio PKG, (3) adanya artikel ilmiah guru. Mekanisme kegiatan pendampingan PKG ini adalah perencanaan (planning), pelaksanaan (action), refleksi (reflection) dan tindak lanjut (follow up). Kegiatan ini dilaksanakan dari Maret s/d Desember 2016 di SDN. 101801 dan SDN. 108075 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang.
id IOS3150.29481
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2018-03-10T00:21:05Z
last_indexed 2018-04-01T00:59:31Z
recordtype dc
_version_ 1766033455263514624
score 17.538404