PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERBASIS PEMBELAJARAN LITERASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 RAYA KAHEAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penyusunan pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks berbasis pembelajaran literasi, (2) kelayakan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks berbasis pembelajaran literasi, (3) keefektifan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks berbasis pembelajaran literasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Raya Kahean Simalungun. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMA Negeri 1 Raya Kahean Simalungun. Data tentang kualitas produk ini dikumpulkan melalui angket dan tes menulis teks prosedur kompleks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) validasi materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 94,53% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 90,38% pada kriteria sangat baik, kelayakan bahasa dengan rata-rata 93,26% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 89,58% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba perorangan dengan rata-rata 84,16% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 91,11% dengan kriteria sangat baik, dan (5) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 94,02% dengan kriteria sangat baik, (6) keefektifan bahan ajar menunjukkan presentasi posttest sebesar 80,28% lebih tinggi dibandingkan presentasi pretest sebesar 70,14. Dengan demikian, modul menulis teks prosedur kompleks berbasis pembelajaran literasi yang telah dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan sebagai sumber belajar