IBM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (CONTINUING PROFESSIONAL DEVEPLOVMENT) KECAMATAN DELI TUA BAGI GURU SEKOLAH DASAR

Main Authors: Halimatussakdiah, , Nurmayani, , Perangin-angin, Laurensia Masri
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: PGSD FIP Unimed , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/29456/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29456/
ctrlnum 29456
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/29456/</relation><title>IBM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (CONTINUING PROFESSIONAL DEVEPLOVMENT) KECAMATAN DELI TUA BAGI GURU SEKOLAH DASAR</title><creator>Halimatussakdiah, </creator><creator>Nurmayani, </creator><creator>Perangin-angin, Laurensia Masri</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><subject>LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance</subject><subject>LB2832 Teaching personnel</subject><description>Hasil identifikasi pada 2014 (Januari s.d April) terhadap 38 orang guru SD di SDN. 101799 Deli Tua dan SDN. 101800 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang ditemukan permasalahan sebagai berikut : (1) Guru belum menyusun silabus dan RPP sendiri, dokumen yang ada adalah hasil perumusan di MGMP atau mengadopsi langsung model silabus dan RPP yang diterbitkan oleh PUSKUR; (2) Guru melaksanakan pembelajaran sesuai jadwal, tetapi hanya 40% guru yang melakukan pembelajaran sesuai dengan RPP yang dimiliki; (3) Buku yang digunakan guru sebagai literatur pembelajaran terbatas pada buku pegangan belajar siswa; (4) Guru enggan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas (misalnya belum menerapkan pendekatan, model, metode, strategi, dan belum memodifikasi media pembelajaran. (5) Penilaian yang dilakukan guru masih terbatas pada objektif tes, belum tersedia penilaian yang dilengkapi dengan rubrik penilaian dan portofolio; (6) Kegiatan remedial belum dilakukan berdasarkan diagnosis permasalah belajar siswa, dan guru juga tidak melakukan program pengayaan; (7) Guru tidak memiliki karya ilmiah dan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) karena guru kurang memiliki pemahaman konkret bagaimana merancang karya ilmiah dan PTK. Sehingga jarang sekali ada publikasi ilmiah di sekolah tersebut.&#xD; Dengan permasalahan-permasalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu kegiatan Pendampingan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru di SDN. 101799 Deli Tua dan SDN. 101800 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang oleh tim pengabdian dari Unimed yang dilakukan melalui kegiatan kolektif profesi guru (KKG/MGMP) dalam bentuk workshop, lesson study, focuss group discussion (FGD), perbaikan pembelajaran di kelas, dan penyusunan laporan perbaikan pembelajaran dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).&#xD; Target kegiatan ini meningkatkan kompetensi mitra dalam melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Selanjutnya luaran atau produk kegiatan PKB ini adalah sebagai berikut : (1) Adanya video perbaikan pembelajaran guru di kelas, (2) Adanya produk berupa laporan penelitian tindakan kelas dan jurnal ilmiah.&#xD; Mekanisme kegiatan pendampingan PKB ini adalah perencanaan (planning), pelaksanaan (action), refleksi (reflection) dan tindak lanjut (follow up). Kegiatan ini dilaksanakan dari Maret s/d November 2015 di SDN. 101799 Deli Tua dan SDN. 101800 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang.&#xD; Selanjutnya, hasil capaian indikator kinerja yaitu: Ada kemauan guru dalam perbaikan praktik pembelajaran di kelas berdasarkan evaluasi video pembelajarannya (60%), sudah ada guru yang menyelesaikan PTK (40%) dan sudah ada judul artikel ilmiah guru yang terbit pada School Education Journal Prodi PGSD Vol.3 No.2 Juni 2015 (40%). Pendampingan (dilakukan dalam bentuk workshop, lesson study, focuss group discussion (FGD), perbaikan pembelajaran di kelas, dan penyusunan laporan PTK) dapat meningkatkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Continuing Professional Deveplopment) bagi guru SD di SDN. 101799 Deli Tua dan SDN. 101800 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang.</description><publisher>PGSD FIP Unimed</publisher><date>2015-10</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29456/1/Fulltext.pdf</identifier><identifier> Halimatussakdiah, and Nurmayani, and Perangin-angin, Laurensia Masri (2015) IBM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (CONTINUING PROFESSIONAL DEVEPLOVMENT) KECAMATAN DELI TUA BAGI GURU SEKOLAH DASAR. Research Report. PGSD FIP Unimed, Medan. </identifier><recordID>29456</recordID></dc>
language ind
format Document:Monograph
Document
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Halimatussakdiah,
Nurmayani,
Perangin-angin, Laurensia Masri
title IBM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (CONTINUING PROFESSIONAL DEVEPLOVMENT) KECAMATAN DELI TUA BAGI GURU SEKOLAH DASAR
publisher PGSD FIP Unimed
publishDate 2015
topic LB1501 Primary Education
LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
LB2832 Teaching personnel
url http://digilib.unimed.ac.id/29456/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29456/
contents Hasil identifikasi pada 2014 (Januari s.d April) terhadap 38 orang guru SD di SDN. 101799 Deli Tua dan SDN. 101800 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang ditemukan permasalahan sebagai berikut : (1) Guru belum menyusun silabus dan RPP sendiri, dokumen yang ada adalah hasil perumusan di MGMP atau mengadopsi langsung model silabus dan RPP yang diterbitkan oleh PUSKUR; (2) Guru melaksanakan pembelajaran sesuai jadwal, tetapi hanya 40% guru yang melakukan pembelajaran sesuai dengan RPP yang dimiliki; (3) Buku yang digunakan guru sebagai literatur pembelajaran terbatas pada buku pegangan belajar siswa; (4) Guru enggan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas (misalnya belum menerapkan pendekatan, model, metode, strategi, dan belum memodifikasi media pembelajaran. (5) Penilaian yang dilakukan guru masih terbatas pada objektif tes, belum tersedia penilaian yang dilengkapi dengan rubrik penilaian dan portofolio; (6) Kegiatan remedial belum dilakukan berdasarkan diagnosis permasalah belajar siswa, dan guru juga tidak melakukan program pengayaan; (7) Guru tidak memiliki karya ilmiah dan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) karena guru kurang memiliki pemahaman konkret bagaimana merancang karya ilmiah dan PTK. Sehingga jarang sekali ada publikasi ilmiah di sekolah tersebut. Dengan permasalahan-permasalahan tersebut, maka dibutuhkan suatu kegiatan Pendampingan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru di SDN. 101799 Deli Tua dan SDN. 101800 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang oleh tim pengabdian dari Unimed yang dilakukan melalui kegiatan kolektif profesi guru (KKG/MGMP) dalam bentuk workshop, lesson study, focuss group discussion (FGD), perbaikan pembelajaran di kelas, dan penyusunan laporan perbaikan pembelajaran dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Target kegiatan ini meningkatkan kompetensi mitra dalam melakukan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Selanjutnya luaran atau produk kegiatan PKB ini adalah sebagai berikut : (1) Adanya video perbaikan pembelajaran guru di kelas, (2) Adanya produk berupa laporan penelitian tindakan kelas dan jurnal ilmiah. Mekanisme kegiatan pendampingan PKB ini adalah perencanaan (planning), pelaksanaan (action), refleksi (reflection) dan tindak lanjut (follow up). Kegiatan ini dilaksanakan dari Maret s/d November 2015 di SDN. 101799 Deli Tua dan SDN. 101800 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Selanjutnya, hasil capaian indikator kinerja yaitu: Ada kemauan guru dalam perbaikan praktik pembelajaran di kelas berdasarkan evaluasi video pembelajarannya (60%), sudah ada guru yang menyelesaikan PTK (40%) dan sudah ada judul artikel ilmiah guru yang terbit pada School Education Journal Prodi PGSD Vol.3 No.2 Juni 2015 (40%). Pendampingan (dilakukan dalam bentuk workshop, lesson study, focuss group discussion (FGD), perbaikan pembelajaran di kelas, dan penyusunan laporan PTK) dapat meningkatkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Continuing Professional Deveplopment) bagi guru SD di SDN. 101799 Deli Tua dan SDN. 101800 Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang.
id IOS3150.29456
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2018-03-10T00:21:05Z
last_indexed 2018-04-01T00:59:31Z
recordtype dc
_version_ 1766033455226814464
score 17.538404