PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PENINGKATANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOSFER KELAS XI IPS-1 DI SMA NEGERI 1 TINADA TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan media animasi pada pokok bahasan biosfer di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinada. (2) hasil belajar siswa dengan tidak menggunakan media animasi (manual) pada pokok bahasan biosfer di kelas XI SMA Negeri 1 Tinada. (3) Seberapa besarkah pengaruh media animasi pada materi pokok biosfer dikelas kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tinada Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan jumlah siswa 44 orang tiap kelas yang diambil secara purposive sampling. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung, tes pilihan berganda kemudian dianalisis dengan statistik uji t pada taraf signifikan α=0,05. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa menggunakan media animasi dengan nilai rata-rata 77,63, siswa yang mencapai KKM ada 81,81% (2) Hasil belajar siswa kelas tidak menggunakan media animasi (manual) dengan nilai rata-rata 70,5, siswa yang mencapai KKM 63,63%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan media animasi dengan tidak menggunakan media animasi hal ini ditunjukkan pada uji hipotesis secara statistik dengan hitung t =2,95 dan tabel t =2,042 dengan dk =22+22– 2= 42 dengan 0,05, karena hitung t tabel t maka Ho diterima, dengan demikian media animasi efektif dalam pembelajaran geografi kelas XI pokok bahasan biosfer.