PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERDASARKAN KONTEKS BUDAYA ACEH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA NEGERI 1 PEUREULAK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berdasarkan Konteks Budaya Aceh efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis; 2) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMAN 1 Peureulak dengan menggunakan perangkat CTL-BKBA; dan 3) Peningkatan selfefficacy siswa dengan menggunakan perangkat CTL-BKBA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui 4 tahap, yakni pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Dari hasil penyebaran diperoleh: 1) Perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran (CTL-BKBA) efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis. Kriteria efektif ditinjau dari: (1) ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai pada uji coba II; (2) aktivitas siswa selama kegiatan belajar memenuhi kriteria toleransi waktu ideal yang ditetapkan; dan (3) respon siswa positif terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran yang dikembangkan 2) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat CTL-BKBA pada kategori sedang; dan 3) Peningkatan selfefficacy siswa dengan menggunakan perangkat CTLBKBA pada kategori sedang,.