Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan realistik, peningkatan kemampuan koneksi dan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi dan observasi, RPP, Buku Guru, Buku Siswa, Tes Kemampuan Koneksi dan Angket Disposisi. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VII-C dan uji coba II di kelas VII-B SMP Swasta Siti Hajar Medan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid baik dari segi isi maupun konstruk; perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan; perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; peningkatan kemampuan koneksi matematis berada dalam kategori “sedang”; dan adanya peningkatan disposisi matematis siswa dari uji coba I ke uji coba II.