Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) kevalitan media video pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika materi bangun datar di kelas V SD Negeri 101874 Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. (2) kelayakan media video pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika materi bangun datar di kelas V SD Negeri 101874 Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang, dan (3) keefektifan media video pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika materi bangun datar di kelas V di SD Negeri 101874 Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101874 Batang Kuis dengan jumlah siswa 30 orang. Sebagai objek penelitian adalah pengembangan video pembelajaran berbasis masalah pada pelajaran matematika materi bangun datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan dengan Four-D (Model 4-D). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket penilaian ahli, lembar angket tanggapan siswa, lembar angket tanggapan guru, dan instrumen tes hasil belajar siswa. Temuan penelitian menunjukkan : (1) video pembelajaran berbasis masalah valid digunakan pada pembelajaran matematika materi bangun datar di kelas V SD Negeri 101874 Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang, (2) video pembelajaran berbasis masalah layak digunakan pada pembelajaran matematika materi bangun datar di kelas V SD Negeri 101874 Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang, dan (3) video pembelajaran berbasis masalah efektif digunakan pada pembelajaran matematika materi bangun datar di kelas V SD Negeri 101874 Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang.