PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP NEGERI 17 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan yang valid; 2) menemukan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan yang praktis; 3) menemukan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan yang efektif; 4) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan; dan 5) menganalisis peningkatan kecerdasan emosional siswa yang diajar melalui perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik menggunakan model pengembangan Four-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan di kelas VII-2 dan VII-4 SMPN 17 Medan. Perangkat Pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), buku siswa (BS), dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis (TKPMM). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) menemukan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan yang valid; 2) menemukan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari penilaian para ahli dan keterlaksanaan perangkat pembelajaran; 3) menemukan perangkat pembelajaran yang efektif dengan kriteria keefektifan ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) respon positif siswa; 4) terdapat peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang di ajar dengan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik pada uji coba I memperoleh rata-rata skor 80,6% meningkat menjadi 86,11% pada uji coba II , dan 5) terdapat peningkatan pada kecerdasan emosional siswa yang diajar dengan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh rata-rata skor 75,33% meningkat pada uji coba II menjadi 75,87%.