PERBEDAAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SMP N 12 MEDAN
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang diberi pendekatan pembelajaran matematika realistik dan yang diberi CTL, (2) Menganalisis perbedaan kemampuan disposisi matematis antara siswa yang diberi pendekatan pembelajaran matematika realistik dan yang diberi CTL, (3) Menganalisis interaksi antara pembelajaran matematika (pendekatan pembelajaran matematika realistik dan CTL) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan representasi matematis siswa, (4) Menganalisis interaksi antara pembelajaran matematika (pendekatan pembelajaran matematika realistik dan CTL) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 12 Medan. Sampel penelitian diambil secara acak sebanyak 2 kelas berjumlah 64 orang siswa. Analisis data dilakukan dengan Anava Dua Jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang diberi pendekatan pembelajaran matematika realistik dan yang diberi CTL, (2) Terdapat perbedaan disposisi matematis antara siswa yang diberi pendekatan pembelajaran matematika realistik dan yang diberi CTL, (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran matematika (pendekatan pembelajaran matematika realistik dan CTL) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan representasi matematis siswa, (4) Tidak Terdapat interaksi antara pembelajaran matematika (pendekatan pembelajaran matematika realistik dan CTL) dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa.