PENGARUH PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELECTUAL (SAVI ) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 060908 KEC. MEDAN DENAI TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS di SD Negeri 060809 Kec. Medan Denai. Tujuan penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar antar kelompok siswa yang diajarkan dengan pendekatan SAVI dan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan Konvensional; pengaruh hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajarkan dengan pendekatan SAVI dan kelompok belajar tinggi yang diajarkan dengan pendekatan Konvensional; Pengaruh hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajarkan dengan pendekatan SAVI dan kelompok belajar motivasi rendah yang diajarkan dengan pendekatan Konvensional; interaksi antara pendekatan SAVI dengan motivasi Belajar Siswa terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060809 Kec. Medan Denai yang berjumlah 50 0rang yang terbagi ke dalam 2 kelas, kelas eksperimen-1 diberikan pendekatan SAVI, dan kelas eksperimen -2 diberikan pendekatan Konvensional.Digunakan data dalam bentuk tes pilihan berganda dan angket motivasi belajar Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain factorial 2x2 dengan teknik ANAVA 2 jalur. Sampel yang diteliti adalah kelas VI A dan VI B yang masing-masing berjumlah 26 dan 24 siswa. Hasil penelitian menunjukan: (1) pengaruh hasil belajar antar kelompok siswa yang diajarkan dengan pendekatan SAVI dan kelompok siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan Konvensional ditunjukan Sig. 0.025 < 0.05, (2) pengaruh hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajarkan dengan pendekatan SAVI dan kelompok belajar tinggi yang diajarkan dengan pendekatan Konvensional ditunjukan Sig. 0.000 < 0.05, (3) Pengaruh hasil belajar antara kelompok siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajarkan dengan pendekatan SAVI dan kelompok belajar motivasi rendah yang diajarkan dengan pendekatan Konvensional ditunjukan Sig. 0.000 < 0.05, (4) tidak terdapat interaksi antara pendekatan SAVI dengan motivasi Belajar Siswa terhadap hasil belajar siswa ditunjukan Sig. 0.838 > 0.05