PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS X SMA SWAST A IMELDA ME DAN
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini secara umum bertujuan untuk memperoleh pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan CTL untuk meningatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy siswa. Secara khusus bertujuan untuk: 1) Mengetahui validitas pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan CTL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa dengan total skor 4,26 berdasarkan kriteria kevalidan maka dapat dikatakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan “valid” ; 2) Mengetahui kepraktisan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan CTL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa dengan total skor pada aspek keterlaksanaan (respon guru menggunakan perangkat pembelajaran) yaitu 4,01 atau sesuai kriteria kepraktisan yaitu “praktis” dan pada aspek keterbacaan (respon siswa) yaitu 94,31% berdasarkan kriteria kepraktisan lebih dari 80% siswa merespon positif “praktis”; 3) Mengetahui keefektifan pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan CTL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yaitu (a) Ketuntasan tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada uji coba I total skor yaitu 76,4 dengan kriteria keefektifan minimal 75% belum memenuhi atau “belum efektif” sedangkan pada uji coba II total skor yaitu 97,25 “efektif”; (b) Guru mengelola pembelajaran mencapai skor yaitu 2,95 termasuk ke dalam kategori “kurang baik dan belum efektif” dan pada uji coba II mencapai skor 3,35 termasuk ke dalam kategori “baik dan efektif”; (c) waktu yang digunakan pada saat pembelajaran adalah sama. 4) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada uji coba I diperoleh N-gain yaitu 0,49 sesuai dengan kriteria peningkatan yaitu sedang dan pada uji coba II diperoleh N-gain yaitu 0,85 sesuai kategori peningkatan adalah tinggi. (5) Mengetahui peningkatan selfefficacy siswa yang belajar menggunakan perangkat pembelajaran menggunakan ctl diperoleh rata-rata skor pada uji coba I yaitu 3,04 sesuai dengan kriteria yaitu termasuk pada kategori dan nilai realibilitas yang telah ditentukan termasuk tinggi dan pada uji coba II rata-rata skor self-efficacy siswa yaitu 3,47 yang berarti siswa terjadi peningkatan self-efficacy pada siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model 4-D.