Daftar Isi:
  • Kathryn Katthy Pasaribu. NIM: 7133341048, “Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Korespondensi Siswa Kelas X SMK Penacawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018”. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar korespondensi siswa kelas X. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Pencawan Medan yang beralamat di jalan Bunga Ncole Kemenangan Tani, Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Pencawan Medan yang berjumlah 60 orang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara Total Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Uji validitas untuk menguji angket menggunakan rumus Product Moment dan uji realibilitasnya menggunakan rumus cronbach alpha. Untuk menganalisis data penulis menggunakan persamaan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi (R2). Berdasarkan dari analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis secara linear Y = Y = a + b1X1 + b2X2 adalah Y = 36,059+ 0,135 X1+ 0,467 X2. Hasil analisis uji t untuk variabel Kompetensi Guru (X1) diperoleh nilai thitung > ttabel (2,477> 1,671) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 (0,000< 0,05). Dengan demikian, maka hipotesis pertama diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara Kompetensi Guru (X1) terhadap prestasi belajar (Y). Untuk variabel Motivasi Belajar (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 9,792 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Sedangkan nilai ttabel sebesar 1,671 maka dari hasil tersebut kita dapat bahwa nilai thitung > ttabel (9,792> 1,671). Dengan nilai yang signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian maka hipotesis kedua dapat diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar (Y). Berdasarkan uji f diperoleh bahwa fhitung > ftabel (70,911 > 3,16) dan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi a< 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian maka hipotesis ketiga diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran korespondensi siswa kelas X SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018