PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN 1 RANTAU UTARA
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning, everyone is a teacher here, dan ekspositori terhadap kemampuan bepikir tingkat tinggi dan kemampuan pemecahan masalah pelajaran biologi siswa materi pencemaran lingkungan SMPN 1 Rantau Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2016/2017 berjumlah 373 siswa terdiri dari kelas VII1 sampai dengan VII9. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 3 kelas masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa. Kelas A sebagai kelas problem based learning, kelas B sebagai kelas everyone is a teacher here, dan kelas C sebagai kelas ekspositori. Instrument pengumpul data kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan pemecahan masalah siswa digunakan tes uraian materi pencemaran lingkungan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kovariat (ANACOVA) dengan α = 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh: hasil analisis kovariat menunjukkan bahwa model pembelajaran signifikan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (F = 1225,523; P = 0,00). Rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas problem based learning memberikan pengaruh sebesar 3,71 lebih tinggi dibandingkan kelas everyone is a teacher here dan 39,94 lebih tinggi dari ekspositori. Kelas everyone is a teacher here memberi pengaruh sebesar 36,23 lebih tinggi dibandingkan kelas ekspositori; dan hasil analisis kovariat menunjukkan bahwa model pembelajaran signifikan berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah (F = 414,239; P = 0,000). Rata-rata kemampuan pemecahan masalah kelas problem based learning memberikan pengaruh sebesar 3,3 lebih tinggi disbanding kelas everyone is a teacher here dan 34,18 lebih tinggi dari ekspositori. Kelas everyone is a teacher here memberi pengaruh sebesar 30,88 lebih tinggi dibandingkan ekspositori. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning dan everyone is a teacher here terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan pemecahan masalah pelajaran biologi siswa materi pencemaran lingkungan SMPN 1 Rantau Utara