Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa SMP Negeri 5 Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental kuasi dengan rancangan postestest pretest dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kisaran, semester pertama tahun akademik 2017/2018. Pemilihan sampel dilakukan dengan cluster random sampling yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran penemuan dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemikiran kritis dan kemampuan berpikir kognitif dalam bentuk esai masing-masing dari 5 pertanyaan yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa uji hipotesis pertama diperoleh thitung = 2,10 dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 2,00. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel berubah menjadi ttabel, ini berarti kemampuan berpikir kritis siswa yang menerapkan model pembelajaran discovery lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis siswa dengan pembelajaran konvensional. Uji hipotesis kedua diperoleh t hitung = 2,21 dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 2,00. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel berubah thitung> ttabel, ini berarti kemampuan kognitif siswa yang menerapkan model pembelajaran discovery lebih baik daripada kemampuan kognitif siswa dengan pembelajaran konvensional