Daftar Isi:
  • Ricka Novita Sari, Nim: 7133341017. “Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dan Think Talk Write terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa SMK Swasta Prayatna-1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2017. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X AP SMK Swasta Prayatna-1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kewirausahaan yang diajarkan dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization lebih tinggi dibanding hasil belajar kewirausahaan yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write pada siswa kelas X AP SMK Swasta Prayatna-1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di AP SMK Swasta Prayatna-1 Medan yang beralamat di Jl. Letda Sujono No.403 Medan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Swasta Prayatna-1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan lima option. Dimana sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini di uji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Dari hasil uji hipotesis t test diperoleh nilai thitung = 6,408, sedangkan ttabel = 1,672 pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0,05, sehingga thitung >ttabel yaitu 6,408 > 1,672. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung >ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar kewirausahaan yang diajarkan dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization lebih besar secara signifikan dibanding hasil belajar kewirausahaan yang diajar dengan model pembelajaran Think Talk Write pada siswa kelas X AP SMK Swasta Prayatna-1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dan Think Talk Write, Hasil belajar Kewirausahaan.