Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching And Learning terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada model pembelajaran Contextual Teaching And Learning di SMK Swasta PAB 8 SAMPALI T.P 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X AP-1 (Eksperimen I) yang berjumlah 35 orang dan X AP- 2 (Eksperimen II) yang berjumlah 35 orang. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 30 soal dari 20 soal pilihan berganda yang telah diuji validitasnya dengan 5 pilihan jawaban. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 64,28 dengan standar deviasi sebesar 11,82. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah sebesar 60,85 dengan standar deviasi 11,40. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching And Learning terhadap hasil belajar siswa. Dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 64,28 daripada hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 60,80% pada mata pelajaran kewirausahaan Kelas X AP SMK Swasta PAB 8 SAMPALI T.P 2017/2018. 18.