ANALISIS AKTIFITAS DAN KEMAMPUAN LITERASI TIK MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI TERHADAP PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS WEB
Main Authors: | Desy, Ruhama, Setyoko, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/28442/2/Cover%20dan%20Daftar%20Isi.pdf http://digilib.unimed.ac.id/28442/1/R%20Desy%2C%20Setyoko.pdf http://digilib.unimed.ac.id/28442/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat diperlukan sebuah model pembelajaran yang terintegarsi, sehingga terciptanya lingkungan belajar yang dapat membantu mahasiswa dalam aktivitas akademik. Pemanfaatan pembelajaran yang mengkombinasi face to face dengan online dapat dilakukan dengan pembelajaran blended learning berbasis website. Penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan menganalisis aktifitas dan kemampuan literasi teknologi informasi dan komunikasi mahasiswa dalam pemanfaatan pembelajaran blended learning berbasis website. Hasil analisis aktifitas mahasiswa yaitu: (a) mengetahui alamat web sebesar 83% dengan kategori aktif, (b) mengunjungi web sebesar 79% dengan ketegori aktif, (c) mengakses materi sebesar 83% kategori aktif, (d) mendwonload tugas sebesar 70% kategori cukup aktif, (e) mengerjakan tugas sebesar 66% ketegori cukup aktif, (f) bergabung dalam forum diskusi sebesar 79% ketagori aktif, (g) terlibat aktif dalam diskusi sebesar 66% ketegori cukup aktif dan (h) memiliki akun email sebesar 91% katergori sangat aktif. Hasil analisis leiterasi TIK mahasiswa yaitu; yaitu: Mengkases (Access) sebesar 75%, Mengelola (Manage) sebesar 60%, Menyatukan informasi (Integrate) sebesar70%, Mengevaluasi (Evaluate) sebesar 60%, dan Membuat Informasi (Create) sebesar 65%. Berdasarkan hasil penelitian diperlukan penerapan pembelajaran blended learning berbasis website pada mahasiswa Pendidikan Biologi, sehingga dapat membangun aktifitas dan penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan akdemik mahasiswa.