PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY DAN FREE DISCOVERY TERHADAP PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA MATERI SISTEM PERNAPASAN SMA NEGERI 7 MEDAN

Main Authors: Purba, Nurhaida Natalia, Djulia, Ely
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/28437/2/Cover%20dan%20Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28437/1/NN%20Purba%2C%20E%20Djulia%2C%20Hasruddin.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28437/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery (GD) dan Free Discovery (FD) terhadap pengetahuan prosedural siswa pada materi sistem pernapasan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 7 Medan tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling yaitu kelas XI MIA 6 dengan model GD,kelas XI MA 5 dengan modelFDdan XI MIA 4 dengan model konvensional. Masing-masing kelas berjumlah 38 siswa sehingga total sampling adalah 114 siswa.Desain penelitian yang digunakan adalah pretes-postes design. Pretes diberikan sebelum model pembelajaran diterapkan sedangkan postes diberikan setelah pembelajaran berakhir.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data dianalisis dengan teknik analisis kovariat (Anacova) dilanjutkan dengan uji Tukey’s dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil Anacova menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran (GD, FD dan konvensional) terhadap pengetahuan prosedural (F = 5,144 ; P = 0,007). Uji Tukey’s menunjukan bahwa pengetahuan prosedural yang dibelajarkan dengan model GD tidak berbeda secara signifikan dengan model FD (P=0,394) tetapi berbeda secara signifikan dengan pembelajaran konvensional (P=0,003). Pengetahuan prosedural siswa yang dibelajarkan dengan model FD tidak berbeda secara signifikan dengan pembelajaran konvensional (P=0,087). Pengetahuan prosedural siswa yang dibelajarkan dengan model GD (72,34 ± 9,34) lebih tinggi dari model FD (70,37± 9,51) dan konvensional (67,13 ± 10,55).