PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA PRAYATNA MEDAN
Main Author: | Effendi, M. Amrullah |
---|---|
Format: | Proceeding NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/28418/2/Cover%20dan%20Daftar%20Isi.pdf http://digilib.unimed.ac.id/28418/1/MA%20Effendi.pdf http://digilib.unimed.ac.id/28418/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model circuit learning terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi Sistem Ekskresi di kelas XI SMA Prayatna Medan. Penelitian ini menggunakan metode eksperiment semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas XI SMA Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Prayatna Medan yang terbagi atas 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 170 orang. Sampel penelitian diambil secara random sampling dan yang menjadi kelas penelitian kelas XI IPA I dengan jumlah siswa sebanyak 42 orang. Nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Circuit Learning adalah 42,95 dengan simpangan baku 8,21, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Circuit Learning adalah 67,59 dengan simpangan baku 8,62. Nilai KKM yang ditetapkan sekolah tersebut adalah 70,00. Uji normalitas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Circuit Learning berdistribusi normal, kriteria nilai Lhitung < Ltabel (0,1361< 0,1542). Model Circut Learning adalah homogen karena nilai Fhitung < Ftabel (1,10 < 1,80). Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel = 14,05 > 1,69 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Circuit Learning terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi Sistem Ekskresi di kelas XI SMA Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.