PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 BINJAI

Main Authors: Syukri, Muhammad, Azwar, Edi, Budianto,
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/28416/2/Cover%20dan%20Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28416/1/M%20Syukri%2C%20E%20Azwar%2C%20Budianto.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28416/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Guided Discoveryterhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Pernapasan Pada Manusia di Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Maret sampai 19 Mei 2016. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitianadalah seluruh siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 126 orangdari 3 kelas yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 41 orang dari kelas XI IPA1 dengan cara pengambilan sampel acak(Random Sampling). Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pre-test dan post- test. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Guided Discovery diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 78 adalah sebanyak 0 orang (0%) dan yang tidak tuntas sebanyak 41 orang (100%) dengan nilai rata-rata 44,47 dan standart deviasi 11,29, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan model Guided Discoverydiperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 78 adalah sebanyak 21 orang (51,2%) dan yang tidak tuntas sebanyak 20 orang (48,7%) dengan nilai rata-rata 73,62 dan standart deviasi 14,51.Hasil uji normalitas diperoleh Lo < Ltabel yaitu 0,10 < 0,1384 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel = 1,65<1,69 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesismenggunakan uji t diperolehthitung > ttabel atau 13,67> 1,68dengan taraf kepercayaan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwaada pengaruh yang signifikan penggunaan model Guided Discoveryterhadap hasil belajar Biologi materi Sistem Pernapasan Manusia di Kelas XI SMA Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2015/2016.