EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN DI KELAS VII SMP PRAYATNA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Main Authors: Sahara, Kiki Rizqi, Aryeni,
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/28408/1/Cover%20dan%20Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28408/2/KR%20Sahara%2C%20Aryeni.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28408/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi pokok Organisasi Kehidupan di kelas VII SMP PRAYATNA Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VII SMP PRAYATNA Medan yang terdiri dari 8 kelas. Sampel yang digunakan adalah salah satu kelas yaitu kelas VII1 yang berjumlah 40 siswa yang dipilih secara acak. Hasil analisis data diperoleh untuk penguasaan siswa, terdapat 6 siswa atau 15% yang tingkat penguasaannya sangat tinggi, ada 9 siswa atau 22.5 % yang tingkat penguasaannya tinggi, ada 21 siswa atau 52,5% yang tingkat penguasaannya sedang, ada 3 siswa atau 17.5% yang tingkat penguasaannya rendah, ada 1 siswa atau 2,5% yang tingkat penguasaannya sangat rendah. Untuk ketuntasan belajar secara individu, 36 orang tuntas dan 4 orang tidak tuntas, sedangkan klasikal dinyatakan tuntas karena persentase ketutasan siswa mencapai 90%. Kektuntasan pencapaian indikator dalam penelitian ini sudah tercapai dengan rincian indikator pertama 78.13%, indikator kedua 84.58%, indikator ketiga 78,83%, indikator keempat 84.30%, dan indikator kelima 92.70%. Untuk aktivitas belajar siswa didapatkan dengan nilai ≥75 cukup aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi pokok Organisasi Kehidupan di Kelas VII SMP PRAYATNA Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 efektif terhadap hasil belajar siswa.