PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI MTs. DAARUL HIKMAH SEI ALIM ASAHAN
Main Authors: | Sitorus, Haji Hamidun, Hasruddin, , Edi, Syahmi |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/28396/1/Cover%20dan%20Daftar%20Isi.pdf http://digilib.unimed.ac.id/28396/2/HH%20Sitorus%2C%20Hasruddin%2C%20S%20Edi.pdf http://digilib.unimed.ac.id/28396/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap: Berfikir kritis siswa pada materi ekosistem di MTs Daarul Hikmah Sei Alim Asahan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes berfikir kritis dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat pada taraf signifikan α = 0.05 dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap tes berfikir kritis siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing (rata-rata79.33) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi (rata-rata 65.50) maupun model pembelajaran konvensional (rata-rata 44.83). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi ekosistem dalam upaya meningkatkan berfikir Kritis siswa.