PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI MTs. DAARUL HIKMAH SEI ALIM ASAHAN

Main Authors: Sitorus, Haji Hamidun, Hasruddin, , Edi, Syahmi
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/28396/1/Cover%20dan%20Daftar%20Isi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28396/2/HH%20Sitorus%2C%20Hasruddin%2C%20S%20Edi.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28396/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri terhadap: Berfikir kritis siswa pada materi ekosistem di MTs Daarul Hikmah Sei Alim Asahan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes berfikir kritis dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat pada taraf signifikan α = 0.05 dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap tes berfikir kritis siswa yang diajarkan dengan model inkuiri terbimbing (rata-rata79.33) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model inkuiri bebas termodifikasi (rata-rata 65.50) maupun model pembelajaran konvensional (rata-rata 44.83). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi ekosistem dalam upaya meningkatkan berfikir Kritis siswa.