PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI EKOLOGI
Main Authors: | Haryati, , Manurung, Binari, Gultom, Tumiur |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/28395/1/Cover%20dan%20Daftar%20Isi.pdf http://digilib.unimed.ac.id/28395/2/Haryati%2C%20B%20Manurung%2C%20T%20Gultom.pdf http://digilib.unimed.ac.id/28395/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas X SMA Negeri 1 Kuala. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling. Kelas X-2 dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning, kelas X-1 (kontrol) dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (Anacova) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 22,0. Hasil penelitian menunjukkan: ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (F= 4,371; P= 0,039). Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (86,55 ± 4,0) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model model konvensional (80,61 ± 3,3). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi ekologi dalam upaya meningkatkan hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.