PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMPN 6 PEKANBARU T.A. 2014/2015
Main Authors: | Insani, Harifah, Zaputra, Riki, Mariana, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/28392/1/Cover%20dan%20Daftar%20Isi.pdf http://digilib.unimed.ac.id/28392/2/H%20Insani%2C%20R%20Zaputra%2C%20Mariana.pdf http://digilib.unimed.ac.id/28392/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan November 2014 di SMPN 6 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII3 dan VIII5 dengan jumlah siswa masing-masing 33 siswa, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test. Rerata N-Gain pada kelas eksperimen 0,50 (kategori sedang), sedangkan pada kelas kontrol 0,40 (kategori sedang). Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara berpikir kreatif siswa kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII SMPN 6 Pekanbaru