PENGARUH MODEL ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM REGULASI DI KELAS XI SMA YAPIM SEI GELUGUR
Main Authors: | Hariati, Emy, Azwar, Edi, Masnadi, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/28383/1/Cover%20dan%20Daftar%20Isi.pdf http://digilib.unimed.ac.id/28383/2/E%20Hariati%2C%20E%20Azwar%2C%20Masnadi.pdf http://digilib.unimed.ac.id/28383/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar siswa pada sub materi sistem saraf di SMA Yapim Sei Gelugur Tahun Pembelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa (Total Sampel) dengan menggunakan Metode pre test-post test one group design. Nilai rata-rata pre-test sebelum diterapkan model Active Knowledge Sharing adalah 39,6 dan standart deviasi 9,8 maka seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%). Dan nilai rata-rata post-test yang diperoleh setelah model diterapkan adalah 72,25 dan standart deviasi 11,6. Sebanyak 26 siswa (72,2%) yang tuntas dan 10 siswa (27,8%) tidak tuntas. Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai thitung = 22,66 sedangkan nilai ttabel = 1,71 sehingga thitung> ttabel, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar siswa pada sub materi sistem saraf di SMA Yapim Sei Gelugur Tahun Pembelajaran 2014/2015