PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA SWASTA AL-FATTAH MEDAN
Main Authors: | Nasution, Citty Asia, Sularno, , Masnadi, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/28374/1/Cover%20dan%20Daftar%20Isi.pdf http://digilib.unimed.ac.id/28374/2/CA%20Nasution%2C%20Sularno%2C%20Masnadi.pdf http://digilib.unimed.ac.id/28374/ |
Daftar Isi:
- Pengaruh Model pembelajaran inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA Swasta AL-FATTAH Medan. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univeristas Islam Sumatera Utara Medan 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada sistem Ekskresi di kelas XI SMA swasta AL-FATTAH Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh skelas XI-IPA AL-FATTAH Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI-IPA 2. Nilai rata-rata pre-test sebelum diterapkan model inkuiri adalah 38,6 dan standart deviasi 8,7 maka seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%). Dan nilai rata-rata post-test yang diperoleh setelah model diterapkan adalah 81 dan standart deviasi 11,4. Sebanyak 22 siswa (78,57%) yang tuntas dan 6 siswa (21,42%) tidak tuntas. Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai thitung = 24,12 sedangkan nilai ttabel = 1,70 sehingga thitung > ttabel, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada sistem Ekskresi di kelas XI SMA Swasta AL-FATTAH Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.