PENTINGNYA PENGENALAN PELAJARAN NORMA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MENYENANGKAN DENGAN HUMOR

Main Author: Ziyadi, Ahsan
Format: Proceeding PeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/28164/
http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/PENTINGNYA-PENGENALAN-PELAJARAN-NORMA-MELALUI-STRATEGI-PEMBELAJARAN-MENYENANGKAN-DENGAN-HUMOR.pdf
Daftar Isi:
  • Memperkenalkan norma sangatlah penting untuk kalangan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 200201 Padangsidimpuan dengan melalui penyampaian yang lugas dan penuh dengan kegembiraan tanpa ada suatu paksaan dalam pembelajaran. Sehingga siswa akan tampak efek yang luar biasa pada rangsangan yang menyenangkan dalam menjalankan norma yang berada di lingkungan mereka. Dan para peserta didik dapat suatu sentuhan tingkat tinggi yang lebih kreatif secara fisik dan mental. Terkait dengan masalah norma yang dijalankan siswa dalam berbaur dikalangan masyarakat akhir-akhir ini sangatlah meresahkan. Dalam kebanyakan perilaku yang tampak dari siswa tersebut mereka kurang mengenal aturan di sekolah dari sikap mereka yang sering acuh tak acuh dalam mengerjakan tugas di sekolah. Kemudian aturan yang berada dikalangan masyarakat dari perspektif norma agama siswa kurang menghormati sesama teman sebaya dan guru. Sehingga implikasi kesopanan mereka tidak tampak melalui strategi pembelajaran yang sudah dilakukan oleh guru. Dalam tulisan ini, penulis mencoba untuk menjelaskan dan membantu kalangan guru pentingnya norma bagi kalangan siswa melalui strategi pembelajaran menyenangkan dengan humor, yang mencakup defenisi, jenis, metode dan fungsi. Yang menariknya nanti akan diharapkan merubah tingkat hubungan emosional mereka secara termotivasi dalam merubah sikap peserta didik secara optimal dan terindikasi secara kasat mata tanpa mudah dilupakan.