MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE SUKU KATA MELALUI MEDIA GAMBAR
Main Author: | Hasanah, Mar'atun |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/28163/ http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/MENINGKATKAN-KEMAMPUAN-MEMBACA-PERMULAAN-DENGAN-METODE-SUKU-KATA-MELALUI-MEDIA-GAMBAR.pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan metode suku kata melalui media gambar pada siswa kelas I SD Swasta Hasanuddin Medan Tahun 2017. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan siklus meliputi 4 tahap yakni; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Swasta Hasanuddin Medan yang terdiri dari 24 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Swasta Hasanuddin Medan meningkat dengan menggunakan metode suku kata melalui media gambar. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan belajar secara klasikal yang diperoleh pratindakan adalah 25% yang kemudian diberikan tindakan pada siklus I, diperoleh hasil ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 50% kemudian ditindaklanjuti dengan pemberian tindakan siklus II yang memperoleh nilai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tejadi peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Swasta Hasanuddin Medan dengan metode suku kata melalui media gambar.