Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa pada materi pokok sumber daya alam di kelas V MIS Ar-Rasyid melalui metode pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Dalam siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan, siklus II dan siklus III terdiri dari 1 kali pertemuan. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Ar-Rasyid Desa Tadukan Raga Kec. STM Hilir Deli Serdang sebanyak 21 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah tingkat kemampuan dalam materi sumber daya alam kelas V-a MIS AR-RASYID dengan menerapkan metode Problem Based Learning. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 4 orang siswa yang tuntas (19,04%) yang memperoleh kategori kemampuan menyelesaikan soal cerita masih sangat rendah dan 17 siswa yang belum tuntas (80,95%) atau mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 50,09. Pada siklus II diperoleh 10 orang siswa yang tuntas (47,61%) yang memperoleh kategori rendah dan 11 orang siswa yang belum tuntas (52,38%) dengan rata-rata kelas 71,80. Pada siklus III diperoleh 18 orang siswa yang tuntas (85,71%) yang memperoleh kategori kemampuan tinggi (mencapai ketuntasan belajar), dan 3 orang siswa yang tidak tuntas (14,29%) dengan rata-rata kelas 77,90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pada materi sumber daya alam IPA pada mata pelajaran IPA sehingga metode ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.