Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran menulis teks anekdot di kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang diterapkan oleh guru dan juga mendeskripsikan apa damapak model pembelajaran Project Based Learning terhadap siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa di kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Objek penelitian difokuskan pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning). Data yang diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, dan analisis dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang diterapkan oleh guru adalah 60 % . hal tersebut dikarenakan guru tidak menjalankan 13 langkah-langkah model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) sehingga berdasarkan pendapat Nurgiyantoro guru tersebut terkategori cukup. (2) hasil penelitian dampak penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap siswa SMA Negri 2 Percut Sei Tuan adalah 58,3 % hal trsebut dikarenakan siswa tidak memenuhi 8 tahap dampak model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) berdasarkan pendapat Nurgiyantoro siswa tersebut terkategori kurang. (3) hasil teks anekdot siswa SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan berdasarkan struktur tergolong baik, yaitu rata-rata 81,12, sedangkan berdasarkan ciri kebahasaan tergolong kurang, yaitu rata-rata 40,59