PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL SISWA PADA KURIKULUM 2013

Main Author: Asmita, Sri
Format: Proceeding PeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/28109/
http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/PENERAPAN-MODEL-KOOPERATIF-TIPE-STUDENT-TEAMS-ACHIEVEMENT-DIVISIONS-STAD-UNTUK-MENINGKATKAN-KOMPETENSI-SOSIAL-SISWA-PADA-KURIKULUM-2013.pdf
Daftar Isi:
  • Untuk meningkatkan kompetensi sikap sosial siswa harus mengikutsertakan siswa dalam yaitu pada dirinya dan antar siswa lain/ teman sekelasnya. Kompetensi sikap sosial siswa ditujukan untuk menilai sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri. Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya interaksi vertikal dengan Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni kehidupan. Pada kajian ini adalah bagaimana meningkatkan kompetensi sosial siswa dalam belajar yaitu dengan cara menerapkan model Student Teams Achievement Divisions (STAD). Dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi sikap sosial siswa dan keaktifan siswa dalam diskusi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang secara heterogen, tidak membeda-bedakan teman sekelompoknya dan tugas guru membimbing siswa dalam kelompok. Dengan begini proses pembelajaran yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kompetensi sikap sosial siswa dalam berdiskusi kelompok.