PENERAPAN PEMBELAJARAN INOVATIF MELALUI METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP SOSIAL SISWA
Main Author: | Hasanah, Nurul |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/28103/ http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/PENERAPAN-PEMBELAJARAN-INOVATIF-MELALUI-METODE-PEMBELAJARAN-EKSPERIMEN-UNTUK-MENINGKATKAN-HASIL-BELAJAR-DAN-SIKAP-SOSIAL-SISWA.pdf |
Daftar Isi:
- Artikel ini membahas tentang penelitian tindakan kelas dimana pada dasarnya perkembangan pendidikan terus mengalami kemajuan baik dari segi ilmu maupun tekhnologinya. Namun, tidak semua daerah memiliki pendidikan yang baik bukan karena ketertinggalan pada suatu daerahnya tetapi terletak pada kemampuan guru atau tenaga pendidik dalam mengajar. Adapun fokus penelitian ini terletak pada penerapan metode pembelajaran eksperimen pada mata pelajaran IPA materi Benda dan Sifatnya dikelas IVA MIN Gebang, dan hasil belajar setelah diterapkannya metode pembelajaran eksperimen tersebut. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI A MIN Gebang Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat. Dengan objek penerapan metode pembelajaran eksperimen pada pokok bahasan Benda dan Sifatnya. Metode yang digunakan untuk mengetahui hasil secara individual dan klasikal merupakan kualitatif dan kuantitatif, dengan instrumen penilaian proses berupa keaktivan siswa dalam belajar dan proses unjuk kerja, serta instrument penilaian berupa tes pilihan ganda dan obesrvasi. Soal tes berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 soal yang diberikan diakhir siklus dengan memvalidkan soal terlebih dahulu melalui validiator. Dan lembar observasi juga diberikan kepada observator untuk melihat kemampuan siswa dan peneliti dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum diterapkannya metode pembelajaran eksperimen rata-rata hasil belajar siswa hanya 40,9 dengan persentase 3,12% siswa yang tuntas. Penerapan metode pembelajaran eksperimen pada materi Benda dan Sifatnya di kelas IV A MIN Gebang dimulai dengan tahap persiapan dimana kelas dibentuk menjadi 4 kelompok dengan mendesain penataan kelas yang sesuai dengan jumlah kelompok, kemudian memberi alat dan bahan serta prosedur penerapan metode tersebut dalam pembelajaran materi Benda dan Sifatnya. Nilai rata-rata yang diperoleh dari penerapan metode pembelajaran eksperimen tersebut pada siklus 1 mencapai 66,3 dengan persentase 43,75% pada siklus II mencapai 81,9 dengan persentse 81,25%.