PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM

Main Author: Megawati,
Format: Proceeding PeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/28076/
http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/PENGEMBANGAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-VIDEO-BERBASIS-INKUIRI-UNTUK-MENINGKATKAN-HASIL-BELAJAR-SISWA-PADA-MATERI-KESEIMBANGAN-EKOSISTEM.pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keseimbangan ekosistem melalui pengembangan media pembelajaran berbasis video di kelas VI SDN 101868 Batang Kuis. Sebagaimana peran media pembelajaran itu penting. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Penelitian ini mengembangakan media pembelajaran video dan model pembelajaran inkuiri dengan model Borg and Gall. Sebagai syarat uji coba pada tahap pengembangan media menggunakan desain eksperimen before after yang melalui uji persyaratan dan uji hipotesis. Berdasarkan uji persyaratan, kedua data berdistribusi normal dan berasal dari varians yang homogen. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran video yaitu sebesar 79,59 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pembelajaran yang tidak menggunakan video (konvensional) yakni sebesar 73,32. Uji hipotesis produk menggunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan uji coba yang dilakukan dengan menggunakan independent sample t test, maka nilai signifikannya sebesar 0,25<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jika dilihat dari nilai t hitung dengan df = 21 nilai t tabelnya adalah 2,080 sedangkan nilai t hitungnya adalah 2,327 > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran video berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keseimbangan ekosistem.