PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN ALAT ALAT TANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELA X SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN T.A 2017/2018
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada kompetensi dasar pekerjaan Dasar Otomotif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menetahui peningkatan hasil belajar dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran alat-alat tangan dikelas X SMK Swasta Mandiri Percut Setuan T.A 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TKR dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom Action Reseach) degan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Objek penelitian ini adalah kegiatan belajar mengajar pada materi Alat-Alat Tangan pengumpulan data mengunakan posttest dan lembar pengamatan siswa. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana hasil belajar pada siklus I 23 orang dan siklus II menjadi 32 orang. Berdasarkan peningkatan hasil belajar siswa yang telah dinyatakan tuntas secara klasikal, maka dapat disimpulkan bahwa dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran alat-alat tangan.