Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajarMenjelaskan Standar Gambar Teknik pada siswa Kelas X TSM SMK Swasta Markus 2 Medan T.A. 2017/2018.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Teknik Sepeda Motoryang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TSM 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X TSM 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar menjelaskan standar gambar teknik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learninglebih tinggi dari pada model pembelajaran EkspositoriSiswa Kelas X TSM SMK Swasta Markus 2 Medan. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (5,10 > 1,671) pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar menjelaskan standar gambar teknik siswa kelas X TSM SMK Swasta Markus 2 Medan T.A 2017/2018