PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT AND DIVITIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TPM SMK BUDHI DARMA INDRAPURA T.A 2016-2017
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Menggambar Teknik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMKBudhi Darma Indrapura sebanyak 30 orang siswa.Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement and Divition pada mata pelajaran Menggambar Teknik. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh rata – rata keaktifan siswa pada proses pembelajaran sebesar 20,1 ( cukup aktif ), 18 siswa (60%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 12 siswa (40%) lainnya belum tuntas. Dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 60%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh rata – rata keaktifan siswa pada proses pembelajaran sebesar 25 ( aktif ) 26 siswa (86,7%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 siswa (13,3%) lainnya belum tuntas. Dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86,7%.Jika dibandingkan data dari siklus I dan siklus II, pada 18 siswa disiklus I bertambah sebanyak 8 siswa disiklus II menjadi 26 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas dalam belajar berkurang dari 12 siswa yang tidak tuntas disiklus I menjadi 4 siswa di siklus II.Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar siswa dan mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II maka dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams achievement and Diviton dapat meningkatkan hasil belajar mata diklat Menggambar Teknik