PERBEDAAN HASIL BELAJAR TEKNIK PEMESINAN BUBUT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2017/2018

Main Author: Gultom, Frisdo Erikson
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/28047/1/01.%20NIM.%205133321016%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28047/2/02.%20NIM.%205133321016%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28047/3/03.%20NIM.%205133321016%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28047/4/04.%20NIM.%205133321016%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28047/5/01.%20NIM.%205133321016%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28047/6/02.%20NIM.%205133321016%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28047/7/03.%20NIM.%205133321016%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28047/8/05.%20NIM.%205133321016%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28047/9/06.%20NIM.%205133321016%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28047/10/07.%20NIM.%205133321016%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28047/11/08.%20NIM.%205133321016%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28047/12/12.%20NIM.%205133321016%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28047/13/13.%20NIM.%205133321016%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/28047/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini betujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar teknik pemesinan bubut dengan menggunakan model pembelajaran project based learning dan ekspositori pada siswa kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI TP 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas XI TP 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 12 soal. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran project based learning sedangkan pada kelas kontrol menerapkan pembelajaran ekspositori kemudian diberikan post tes pada masing-masing kelas. Berdasarkan hasil analisis data post tes diperoleh hasil belajar teknik pemesinan bubut pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 59,80 dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 53,84. Rata-rata hasil post test untuk kedua kelas belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 75. Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa thitung = 1,32 dan ttabel = 1,67 maka thitung < ttabel (1,32 < 1,671). Hasil ini menunjukkan Ha ditolak atau H0 diterima, artinya tidak ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar teknik pemesinan bubut siswa kelas XI TP 3 dan XI TP 2 SMK N 2 Medan.