Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengelasan siswa kelas XI TP SMK Negeri 1 Balige dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Balige pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 dengan subjek siswa kelas XI TP berjumlah 31 siswa. Penelitian ini merupan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, observasi dan evaluasi. Selanjutnya dari hasil tes awal diperoleh data sebayak 38,71% siswa mendapat nilai tuntas. Dari tes hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 72,67 dan ketuntasan klasikal mencapai 64,52%. Sedangkan tes hasil belajar pada siklus II diperoleh rata-rata nilai 78,39 dan ketuntasan klasikal mencapai 83,87%. Berdasarkan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II, berarti ada peningkatan sebesar 19,35%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar pengelasan pada siswa kelas XI TP SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2016/2017.