Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan : 1) untuk meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran Teknologi Mekanik (Pengetahuan Bahan Teknik), 2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Mekanik (Pengetahuan Bahan Teknik) SMK N 2 Medan melalui penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 2 Medan dengan jumlah sebanyak 35 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap disetiap siklusnya, yakni , perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajarannya dilakukan dengan menerapkan model pembelajarn Quantum Teaching. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual maupun klasikal. Siswa mencapai ketuntasan belajar jika telah mencapai nilai KKM (75) dan sebanyak 85% dari jumlah total siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar teknologi mekanik (Pengetahuan Bahan Teknik) siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching mengalami peningkatan. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II lebih baik daripada siklus I. Demikian pula hasil belajar pada siklus I lebih baik daripada pra siklus. Hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan awal adalah 17,14%. Pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching maka didapat siswa aktif sebesar 65,28% dan ketuntasan hasil belajardengan rata-rata nilai sebesar 72,42%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas maupun hasil belajar. Pada tindakan siklus II dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching bahwa aktivitas dan perolehan nilai semakin meningkat yaitu, 86,25% keaktifan dan 88,57% ketuntasan klasikal hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar Teknologi Mekanik (Pengetahuan Bahan Teknik) siswa Kelas X SMK N 2 Medan T.A. 2017/2018