PERBEDAAN HASIL BELAJAR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ANTARA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN (AKP) GALANG TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Permesinan SMK Awal Karya Pembangunan yang terdiri dari 2 kelas. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Jigsaw dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Konvensional. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 rata-rata pre-test sebesar 30,2 dan nilai rata-rata posttest adalah 79,4 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kelas eksperimen 2 adalah 37,2 dan nilai rata-rata post-test adalah 69. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 61,96% dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 46,09%. Hasil uji t diperoleh thitung 4,062 dan ttabel 1,676, sehingga hipotesis yang berbunyi hasil belajar keselamatan dan kesehatan kerja siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Konvensional.