Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar penerapan rangkaian elektronika Antara Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning Dengan siswa yang diajarkan Dengan Model Pembelajaran ekspositori Pada Siswa Kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimental, dimana dalam pelaksanaannya diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Audio Video Yang Mengikuti Mata Pelajaran penerapan rangkaian elektronika. Sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas XI TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TAV 2 sebagai kelas Kontrol di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah masing-masing 24 siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh terdapat pengaruh hasil belajar penerapan rangkaian elektronika antara Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning dengan Model Pembelajaran ekspositori, dimana hasil belajar penerapan rangkaian elektronika untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar penerapan rangkaian elektronika untuk kelas yang menerapkan Model Pembelajaran ekspositori. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 22.08 dan rata-rata pada kelas kelompok kontrol sebesar 18,59. Untuk menguji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas instrumen penerapan rangkaian elektronika dengan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning diperoleh Lhitung sebesar 0.077 dan Ltabel sebesar 0.190 karena Lhitung < Ltabel atau 0.077 < 0.190, maka data instrumen pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, uji normalitas instrument penerapan rangkaian elektronika dengan Model Pembelajaran ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0.162 dan Ltabel = 0.190 karena Lhitung < Ltabel atau 0.162 < 0.190, maka data instrumen pada kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar penerapan rangkaian elektronika diperoleh Fhitung sebesar 1,01 dan Ftabel 1,99 karena Fhitung < Ftabel atau 1,01 < 1,99 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian homogen. Dengan hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning Terhadap Hasil Belajar penerapan rangkaian elektronikaika Pada Siswa Kelas XI Teknik Audio Video Hal ini terlihat dari nilai thitung = 4,59 yang lebih besar dari ttabel yaitu 1,679.