Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar Dasar Dasar Elektronika (DDE). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMK Sinar Husni pada semester satu tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 Program Keahlian TIPTL yang terbagi atas dua kelas. Secara acak kelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas 1 TIPTL 1 menjadi kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran ENE dan kelas 1 TIPTL 2 menjadi kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori. Dari hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ENE lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori, dimana thitung > ttabel, yaitu 6,40 > 1,67. Dari perhitungan diperoleh sehingga diperoleh kesimpulan bahwa Hasil belajar Dasar Dasar Elektronika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ENE lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Sinar Husni.