PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL DASAR BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK KELAS X PROGRAM TEKNIK PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi Pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang diajar dengan strategi Pembelajaran Ekspositori pada Siswa Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, yang mana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang mengikuti kompetensi Dasar dan Pengukuran Listrik yang terdiri dari 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak kelas, yaitu kelas eksperimen (kelas yang menerapkan strategi Pembelajaran Problem Based Learning adalah kelas X TIPTL2 yang berjumlah 32 siswa serta kelas X TIPTL3 menjadi kelas kontrol (kelas yang menerapkan model Pembelajaran Ekspositori) yang berjumlah 32 siswa. Jadi total subjek yang akan diteliti adalah sebanyak 64 siswa. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar dasar dan pengukuran listrik yang diperoleh untuk kelas eksperimen dengan menerapkan strategi pembelajaran Problem Based Learning memiliki nilai rata-rata posttest sebesar 80,62 dan pada kelompok kontrol dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori memiliki nilai rata-rata posttest sebesar 74,21. Uji normalitas data digunakan Uji Lilliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Uji normalitas Dasar dan Pengukuran Listrik dengan model Pembelajaran Problem Based Learning diperoleh Lhitung sebesar 0,1284 dan Ltabel sebesar 0,1566 karena Lhitung<Ltabel atau 0,1284<0,1566, maka data pada kelas Eksperimen pada kategori Normal, Uji normalitas Dasar dan Pengukuran Listrik dengan model Pembelajaran Ekspositori diperoleh Lhitung sebesar 0,1386 dan Ltabel = 0,1566 karena Lhitung<Ltabel atau 0,1386<0,1566, maka data pada kelas Kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas hasil belajar Dasar dan Pengukuran Listrik diperoleh Fhitung sebesar 1,1836 dan Ftabel 1,7500 karena Fhitung<Ftabel atau 1,1836<1,7500 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data varians hasil penelitian Homogen. Hasil analisis uji beda yang memakai Uji-t satu pihak diperoleh thitung> ttabel (3,945>1,6697) sehingga Ha diterima berarti Hasil Belajar siswa yang diajarkan dengan strategi Pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi daripada Pembelajaran Ekspositori di kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2017/2018.