Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembinaan karakter siswa (Studi Kasus SMAN 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan). Adapun metode penelitian yang digunakan penulis adalah kualitatif. Jumlah populasi dalam penulisan ini adalah 40 orang siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Maka yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh jumlah anggota dan Badan Pengurus Harian ektrakurikuler pramuka yaitu 40 sampel (total sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis melalui teknik perhitungan sederhana dengan menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukan ektrakurikuler pramuka yang diterapkan oleh gerakan pramuka dirasakan sudah sangat berkontribusi dalam melakukan pembinaan karakter siswa. Kegiatan pramuka memiliki beberapa kegiatan menarik yang dapat mengedukasikan sekaligus membudayakan perilaku dan karakter yang menjadikan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka menjadi siswa yang berkarakter demi mewujudkan tujuan dan cita-cita negara Indonesia dan ekstrakurikuler pramuka berperan dalam pembinaan karakter siswa di SMAN 1 Kualuh Hulu Aek Kanopan.