PENGEMBANGAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN PKN DALAM UPAYA PEMBINAAN SIKAP MORAL SISWA DI KELAS XI SMA MASEHI DELITUA SCHOOL
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran PKn dalam upaya pembinaan sikap moral siswa kelas XI SMA Masehi Delitua School terdiri dari 3 kelas. Dengan jumlah populasi 105 orang siswa. Maka yang menjadi sampel dalam penelitian ini di ambil secara random sampling 30% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 30 orang siswa. Adapun metode yang digunakan dengan penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang telah dikumpulkan dilakukan secara angket, observasi, dan wawancara. Teknik ini berfungsi untuk mengolah data kuantitatif untuk menghitung koefisien pembelajaran PKn dalam pengembangan nilai-nilai Pancasila dalam upaya pembinaan sikap moral siswa. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa guru PKn disekolah SMA Masehi Delitua School telah melakukan tugas-tugasnya dalam mengembangkan nilai-nilai Pancasila. Hal ini dapat diketahui dari pengetahuan dan tingkah laku siswa pada saat proses belajar mengajar. Guru PKn selain mengajarkan materi mengenai nilai-nilai Pancasila tersebut dikehidupan sehari-hari. Guru Pkn juga mengajarkan kepada siswa bagaimana cara berkomunikasi yang baik, saling menghargai perbedaan, mampu bertanggung jawab dan hal lainnya. Pengembangan nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran PKn telah dilaksanakan dengan baik terlihat dari hasil penelitian yang diperoleh dari penyebaran angket kepada siswa dan didukung dengan hasil wawancara kepada guru PKn SMA Masehi Delitua School yang menunjukkan bahwa dengan penerapan nilai-nilai Pancasila mampu mengubah moral siswa menjadi lebih baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila tersebut.